Breaking News

Cara Menonaktifkan Mesin Google Text To Speech Serta Notifikasinya di Semua Perangkat

Cara Menonaktifkan Mesin Google Text To SpeechCara Menonaktifkan Mesin Google Text To Speech – Mesin Google text to speech atau disebut juga sebagai Google voice merupakan fitur dimana setiap orang bisa melakukan transkrip suara ke tulisan. Dengan kata lain, hanya dengan bersuara maka kamu bisa menjelajah berbagai hal tanpa harus mengetik atau menulis di keyboard perangkat.

Secara garis besar, fitur Google ini sangat membantu dan bisa digunakan secara gratis oleh semua pengguna Google. Namun, bagi sebagian orang terkadang fitur ini tidak terlalu penting dan mengganggu karena letak icon mic google voice ini berdekatan dengan huruf-huruf yang ada di keyboard.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mencari cara menonaktifkan mesin Google text to speech atau Google voice karena tidak ingin digunakan serta ingin menghapus mesin Google text to speech tersebut pada keyboard. Nah, berikut ini kami sudah merangkum cara menonaktifkan mesin Google text to speed di semua perangkat termasuk notifikasinya.

Tutorial Cara Menonaktifkan Mesin Google Text To Speech atau Google Voice di Semua Perangkat

Tren “Ok Google” atau Google assistant sudah sangat populer sejak kemunculannya karena setiap orang tidak perlu mengetik atau menulis apa yang diinginkan. Fitur mesin Google text to speech merupakan fitur support pengguna yang bisa digunakan di semua perangkat seperti Android, iOS, dan PC.

Namun, tidak semua orang merasa membutuhkan fitur yang satu ini sehingga mencari cara menonaktifkan mesin Google text to speech serta notifikasinya baik itu di perangkat smartphone maupun PC. Nah, berikut ini kami sudah merangkum cara menghapus mesin Google text to speech dan menghilangkan notifikasinya dengan mudah:

1. Tutorial Cara Menonaktifkan Mesin Google Text To Speech di PC

Biasanya, mesin google text to speech atau google voice di PC hanya dapat muncul ketika kamu menggunakan google doc dan melalukan browsing. Google doc merupakan lembar kerja online yang bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sehingga kamu bisa menggunakan fitur Google voice untuk mengetik dengan suara.

Sedangkan, saat melakukan browsing biasanya icon Google voice ada di bagian sebelah kanan dalam kolom pencarian. Untuk mengakses Google voice di PC atau laptop terutama di Google doc biasanya kamu harus membuka menu tools atau alat terlebih dahulu baru bisa menggunakannya sehingga kamu tidak perlu menonaktifkan atau menghilangkannya.

Begitu juga saat kamu mengakses browser Google chrome pada PC atau laptop maka fitur Google text to speech ini tidak akan mengganggu kecuali jika kamu mengklik atau sengaja menggunakannya. Meskipun jarang sekali orang yang menghilangkan atau menonaktifkan fitur ini pada PC atau laptop, namun kamu bisa menggunakan tutorial ini jika diinginkan:

  • Buka google chrome dan klik icon totik tiga yang berada di pojok kanan atas
  • Kemudian klik menu privasi and security dan pilih site setting
  • Gulir kebawah sampai kamu menemukan menu microphone
  • Setelah itu, pilih menu don’t allow sites to use your microphone

2. Tutorial Cara Menonaktifkan Mesin Google Text To Speech dan Menghilangkan Notifikasinya di Ponsel

Selanjutnya, tutorial cara menonaktifkan mesin Google text to speech dan menghilangkan notifikasinya dari ponsel bisa dibilang sangat mudah. Namun, setiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda-beda sehingga nantinya kamu perlu melakukan eksplorasi dan menyesuaikan sesuai settingan ponsel yang dimiliki, berikut ini tutorialnya:

  • Langkah pertama yaitu buka setting atau pengaturan pada ponsel
  • Pilih pengaturan tambahan atau additional setting dan klik menu aksesibilitas
  • Kemudian, pilih menu select to speak
  • Pilih tombol off untuk menonaktifkan mesin Google text to speech
  • Jika ingin menghilangkan notifikasinya maka klik gear atau gerigi pada menu yang sama
  • Klik menu pasang data suara dan pilih bahasa yang sesuai
  • Pilihlah bahasa yang sama dengan notifikasi yang sebelumnya sudah diterima
  • Kamu tinggal menunggu proses downloadnya hingga selesai
  • Jika sudah selesai, kamu bisa kembali dan klik menu pengaturan Google text to speech
  • Biasanya, semua pembaruan suara akan diubah menjadi mode off dan hanya bisa digunakan melalui wifi saja

Penutup

Sekian informasi yang bisa kami rangkum tentang cara menonaktifkan mesin Google text to speech serta notifikasinya di semua perangkat. Jika kamu merasa terganggu dan tidak nyaman dengan fitur yang satu ini maka kau bisa mengikuti cara yang sudah kami berikan diatas. Namun, perlu diingat bahwa jika kamu nonaktifkan dan menghilangkan notifikasi Google voice maka kamu tidak bisa menggunakannya kecuali diaktifkan kembali.

Baca juga :   Siapa Deddy Corbuzier Inilah biografi lengkap nya

About Rofi Addarojat

Check Also

Cara Menghilangkan Iklan di Youtube Chrome dengan Mudah, Dijamin Work!

Cara Menghilangkan Iklan di Youtube Chrome – Apakah kamu sering merasa terganggu dengan iklan yang muncul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *